Scroll Untuk Baca Artikel
iklan
Artikel

Airin dan Okta Harus dapat Menginspirasi Perempuan Banten

45
×

Airin dan Okta Harus dapat Menginspirasi Perempuan Banten

Sebarkan artikel ini

Kota Tangerang, Ceklisdua.com – Pemilih di Dapil III Banten yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan banyak mempercayakan suaranya kepada Airin Rachmi Diany dari Partai Golkar dan Okta Kumala Dewi dari Partai Amanat Nasional (PAN).

“Airin dan Okta, dua perempuan hebat yang berhasil melaju ke Senayan dari total 10 kursi yang diperebutkan,” ujar Nur Sajjidah dalam keterangannya dikutip Senin (18/3).

Advertisement
iklan
Scrol kebawah untuk melihat konten

Nur Sajjidah mengatakan, Nasyiatul Aisyiyah sebagai organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak di kalangan perempuan muda berharap Airin dan Okta setelah dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029 dapat membawa suara yang beragam dan representatif, serta menawarkan perspektif yang kuat dalam pembentukan kebijakan nasional.

“Mereka harus dapat menginspirasi perempuan, khususnya di Banten untuk tidak takut bersuara, memberikan ide-ide, gagasan yang inovatif, berdaya saing di ruang publik dan di dunia politik,” kata Nur Sajjidah.

Nur Sajjidah menambahkan, keberhasilan keduanya menciptakan landasan yang kokoh terhadap kesetaraan dan pengarusutamaan gender, serta keberagaman dalam politik Indonesia, khususnya di Dapil Banten III.

“Hal ini menunjukan bahwa masyarakat Tangerang Raya sudah semakin cerdas, terbuka, dan tidak membeda-bedakan peranan perempuan di ruang publik serta di politik. Masyarakat bahkan menitipkan kepercayaannya kepada dua perempuan hebat ini,” kata Nur Sajjidah.

Meskipun keterwakilan perempuan yang terpilih di Dapil Banten III, lanjut Nur Sajjidah, belum mencapai 30 persen, namun kehadiran dua perempuan hebat ini akan membuka jalan lebih banyak bagi perempuan muda yang berbakat di ruang politik di Tangerang Raya.

“Harapannya dalam pemilu selanjutnya ada peningkatan signifikan dalam keterwakilan perempuan di bidang politik,” pungkas Nur Sajjidah.

Rekapitulasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan caleg DPR dari Golkar Airin Rachmi Diany meraup suara terbanyak di daerah pemilihan Banten III. Ia meraup 302.878 suara dan Okta Kumala Dewi dari PAN dengan perolehan suara sebanyak 65.106.

Rapat pleno rekapitulasi diselenggarakan di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat dan disampaikan langsung oleh Ketua KPU Provinsi Banten Mohamad Ihsan di depan saksi paslon dan Komisioner KPU August Mellaz.

Jatah kursi untuk Provinsi Banten di DPR yakni 24 kursi, dan untuk Dapil Banten III yakni 10 kursi. (Ftp/*Red)