Scroll Untuk Baca Artikel
iklan
ArtikelPolri

Ciptakan Rasa Tanggungjawab, Polda Banten Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

19
×

Ciptakan Rasa Tanggungjawab, Polda Banten Gelar Upacara Hari Kesadaran Nasional

Sebarkan artikel ini

Serang – Polda Banten gelar upacara Hari Kesadaran Nasional dan penyerahan piagam serta sertifikat penilaian kepatuhan pelayanan publik Tahun 2023 oleh Ombudsman RI perwakilan Provinsi Banten bertempat di Lapangan apel Polda Banten pada Senin (26/02).

Kegiatan dipimpin Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim diikuti seluruh PJU Polda Banten dan dihadiri Ombudsman RI perwakilan Provinsi Banten.

Advertisement
iklan
Scrol kebawah untuk melihat konten

Kapolda Banten mengatakan kegiatan upacara ini berguna untuk mengembangkan rasa tanggung jawab dan memupuk jiwa patriotik. “Upacara yang kita laksanakan bukan hanya rutinitas semata, namun sebagai momentum untuk mengembangkan rasa tanggung jawab, memupuk jiwa patriotik nilai nasionalisme dan meningkatkan motivasi dalam membangun budaya kerja serta pola pikir kita semua untuk mewujudkan Polri yang prediktif, responsi dan transparansi berkeadilan,” kata Abdul Karim.

Abdul Karim bangga karena proses pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Polda Banten berjalan lancar dan aman. “Saya bangga proses pemungutan dan perhitungan suara di daerah hukum Polda Banten telah berjalan lancar dan aman, keberhasilan ini adalah hasil nyata dari komitmen kesiapan kita dalam mendukung pelaksanaan pesta demokrasi, melalui berbagai upaya pengamanan yang telah dilakukan kita berhasil mengantisipasi potensi gangguan dengan baik yang tercermin dari menurunnya angka gangguan keamanan secara keseluruhan,” ucapnya.

Namun Abdul Karim berharap seluruh personel tidak berbesar hati karena tantangan tugas kedepan masih banyak. “Namun pencapaian tersebut tidak boleh membuat kita lengah, bahwa saat ini yang menjadi atensi kita yaitu sidang pleno tingkat Kecamatan atau PPK yang tentunya perlu kehadiran personel Polri dalam mengawal dan mengamankan kegiatan tersebut agar berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” harapnya.

“Saya perlu menekankan hal ini mengingat bahwa tantangan tugas yang akan dihadapi kedepan semakin kompleks dan berat sesuai dengan perkembangan tugas dan ekspektasi masyarakat yang semakin meningkat terhadap Polri,” tambahnya.

Abdul Karim menjelaskan pada kegiatan upacara hari kesadaran ini bisa menjadi kesempatan untuk terus memperbaiki kinerja pengabdian kepada masyarakat. “Upacara kali ini bisa menjadi kesempatan bagi kita semua untuk terus memperbaiki kinerja pengabdian kepada masyarakat, hal tersebut mencakup penguatan kamtibmas, memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas Penegakkan hukum,“ terangnya.

Ada beberapa arahan Kapolda Banten yang perlu dipedomani

1. Tingkatkan iman dan takwa;

2. ⁠Lakukan deteksi dini dan cegah setiap permasalahan yang akan muncul sebelum adanya akumulasi masa karena adanya ketidakpuasan hasil pemilu oleh pihak yang merasa dirugikan;

3. ⁠Berikan pemahaman kepada setiap elemen masyarakat terkait pentingnya rasa aman guna kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara dalam membangun Indonesia yang lebih maju;

4. ⁠Lakukan koordinasi dan menggandeng pihak terkait kepada para pelaku ekonomi untuk bersama mengambil langkah nyata dalam penanganan naiknya harga sembako saat ini;

5. ⁠Lakukan pengungkapan kasus dan penegakan hukum terhadap para pelaku dan jaringan tindak pidana konvensional dan streetcrime;

6. ⁠Lakukan upaya preventif dengan gelar patroli sekala kecil dan menengah dengan pengawalan dan pengamanan dalam setiap kegiatan masyarakat guna memberikan rasa aman;

7. ⁠Kepada seluruh Pejabat Utama Polda Banten lakukan kontrol dan pengaturan dalam setiap pergerakan tugas anggota.

Terakhir Kapolda Banten mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel atas kinerja yang baik. “Selaku Kapolda Banten saya ucapkan terima kasih dan mengampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh personel Polda Banten atas seluruh dedikasi, loyalitas dan integritas yang tinggi dalam melaksanakan pemeliharaan kamtibmas, Penegakkan hukum dan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat,” tutup Kapolda.

Dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kegiatan Cooling System dalam rangka Pemilu Damai 2024 pada tinggal satuan wilayah Polres dan Polresta jajaran Polda Banten.

Polres Jajaran :

Juara 1 Polres Serang;

Juara 2 Polres Pandeglang;

Juara 3 Polres Cilegon.

Polsek Jajaran :

Juara 1 Polsek Ciruas Polres Serang;

Juara 2 Polsek Serang Polresta Serang Kota;

Juara 3 Polsek Cikande Polres Serang.

Penyerahan Piagam dan Sertifikat hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik Tahun 2023 kepada Polres jajaran Polda Banten :

1. Polresta Tangerang dengan nilai 94,05 zona hijau kategori A opini kualitas tertinggi;

2. ⁠Polres Cilegon dengan nilai 89,99 zona hijau kategori A opini kualitas tertinggi;

3. ⁠Polres Serang dengan nilai 89,89 zona hijau kategori A kualitas tertinggi;

4. ⁠Polres Pandeglang dengan nilai 89,32 zona hijau kategori A kualitas tertinggi;

5. ⁠Polresta Serang Kota dengan nilai 86,15 zona hijau kategori B opini kualitas tertinggi;

6. ⁠Polres Lebak dengan nilai 85,65 zona hijau kategori B opini kualitas tinggi (*/Hms).