Scroll Untuk Baca Artikel
iklan
Artikel

Program Indonesia Pintar SD di Kota Serang Tahun 2023 Disoroti 

60
×

Program Indonesia Pintar SD di Kota Serang Tahun 2023 Disoroti 

Sebarkan artikel ini

KOTA SERANG – Pelaksanaan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang diperuntukkan bagi Sekolah Dasar dan Menengah Kota Serang tahun 2023 mendapat sorotan.

Pasalnya, dari data yang dihimpun melalui laman Kemendikbud, jumlah total data pemberian terhadap penerima manfaat pada tingkat SD per wilayah kecamatan khususnya kecamatan Serang setiap tahunnya (2021, 2022, 2023) terlihat sangat signifikan.

Advertisement
iklan
Scrol kebawah untuk melihat konten

Menariknya, dari penyebaran itu, terdapat sekolah yang dianggap berada di tengah kota malah mendapat lebih dari 50 % jumlah siswa. Seperti halnya SDN Bhayangkari dengan jumlah 309 penerima dan SDN Kebaharan 1 sejumlah 205. Selain itu, disusul SDN Kubang Apu, SDN Kubang Kemiri, SDN  Gempol.

Dari data tersebut, SDN Bhayangkari yang letaknya berada di tengah Kota Serang mengungguli sekolah lainnya.

Sudah benarkah prosedur pendataan dan Verifikasinya?

Ditemui Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang, Ahmad Supi, di ruangannya mengatakan, meski pelaksanaannya itu turut diawasi pihak dinas, namun diketahuinya hal tersebut merupakan tanggung antara sekolah bersangkutan dan Kementerian Pendidikan.

“Datanya itu murni dari pihak sekolah, kami disini tidak ikut dalam verifikasi data, ” katanya, beberapa waktu lalu, (Rabu, 27/02/2024).

“Masa iya SDN Bhayangkari paling banyak, coba saya liat data nya, ” lanjutnya menanyakan.

Terpisah, dijelaskan Operator SDN Kebaharan 1 Kota Serang, Rofe’i di SDN Kebaharan 1, menjelaskan bahwa dirinya merupakan operator pengganti, dan kurang begitu paham.

“Operator aslinya itu Pak Jujun Junaedi, tugasnya di bagian TU SMA 8 Kota Serang, kalo hari Sabtu biasanya kesini. Sehari hari nya saya pak disini,” jelasnya.

“Untuk data penerimaan PIP tahun 2023 itu yang input pak Jujun, ” tambahnya.

Rofe’i mengatakan, jumlah siswa di SDN Kebaharan 1 pada tahun ajaran 2023/2024 ini mengalami penurunan, yakni 357 siswa. Tahun sebelumnya, sebanyak 375 siswa.

Diketahui, bahwa Program Indonesia Pintar Merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Dari tujuannya sendiri, PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket a smpai paket c dan pendidikan khusus.

Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Penerima PIP

Syarat Penerima PIP

1. Peserta Didik pemegang KIP

2. Peserta Didik dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus seperti:

a. Peserta Didik dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan

b. Peserta Didik dari keluarga pemegang KartuKeluarga Sejahtera

c. Peserta Didik yang berstatus yatimpiatu/yatim/piatu dari sekolah/panti sosial/panti asuhan

d. Peserta Didik yang terkena dampak bencana alam

e. Peserta Didik yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah

f. Peserta Didik yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami pemutusan hubungan kerja, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lembaga Pemasyarakatan, memiliki lebih dari 3 (tiga) saudara yang tinggal serumah

g. Peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya.

 

Penulis: Adhisena

Editor : Adhisena/Nusi